Polda Sulsel Gelar Operasi Zebra Selama Dua Pekan

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel kembali menggelar Operasi Zebra 2020 secara serentak selama dua pekan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol. Ibrahim Tompo, mengatakan, operasi ini ditujukan untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Untuk Operasi Zebra 2020 ini dimulai 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020,” katanya, melalui siaran persnya, Selasa (27/10/2020).

Dalam Operasi Zebra ini, kata Ibrahim, aparat akan mengedepankan tindakan preventif dan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas merupakan opsi terakhir.

“Untuk operasi kali ini, kita lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas lantas/pendidikan masyarakat lalu lintas, daripada penegakan hukum,” katanya.

Ibrahim juga mengatakan, untuk penindakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas akan difokuskan kepada pengendara yang membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain, meliputi tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan hp saat berkendara, tidak menggunakan helm SNI, knalpot brong/resing, kelebihan muatan, bonceng tiga, melawan arus lalu lintas, pelanggaran stop line dan berbagai pelanggaran lainnya.

“Tujuan Operasi Zebra ini agar berkurangnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Selain itu, kami harapkan pula tercipta situasi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) lantas yang aman dan nyaman,” kata Ibrahim.

Redaktur : Marwiah Syam

Comment