Pemkot Makassar Mulai Fokuskan Perhatikan Kebersihan Kanal

MAKASSAR, Beritapedoman.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini mulai memfokuskan kebersihan kanal di Kota Makassar.

Terbukti, hampir sebulan lebih, Camat di Kota Makassar mengerahkan sumber dayanya untuk membersihkan kanal di wilayahnya masing-masing, seperti di daerah Panakkukang sebanyak 30 Satgas drainase dikerahkan Camatnya untuk membersihkan kanal di wilayahnya, yakni kanal Sinrijala dan kanal Pampang.

Begitu pun, Camat Tamalate, Fahyuddin yang juga menurunkan pasukannya untuk membersihkan empat kanal yang ada di wilayahnya, yakni kanal Pabaeng-baeng, kanal Jongayya, kanal Balang Baru, dan kanal Maccini Sombala.

“Banyak sedimentasi yang kami temukan, baik di bagian tengah ataupun pinggir kanal. Kami akan kordinasi dengan Dinas PU dan Pompengan untuk meminta bantuan pengerukan, karena memang sudah terjadi pendangkalan,” katanya, Rabu (19/6/2019).

Selain itu, kata Fahyuddin, genangan sampah juga banyak ditemukan, utamanya di kanal Pabaeng-baeng. “Sampah itu kini dikumpulkan oleh Satgas drainase untuk diangkut agar tidak mengotori kanal lagi,” katanya.

Upaya edukasi lainnya, juga dilakukan Camat Fahyuddin dengan memasang spanduk di ruas kanal Pabaeng-baeng bertuliskan ‘Sayangi Kanal ta. Stop Buang Sampah di Kanal’ yang diharap bisa mengubah paradigma masyarakat.

Hal ini juga sesuai imbauan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, yang langsung memberikan instruksi ke para camat dan lurah Makassar beberapa waktu lalu, agar mengerahkan pasukannya untuk membersihkan kanal dan berkordinasi dengan pihak terkait untuk pengerukan tanah (sedimentasi).

Iqbal berharap, persoalan kebersihan kanal bisa tuntas dikerjakan pada Juni ini dan mengimbau warga agar bisa bersama pemerintah menjaga kebersihan kanal.

Editor : Marwiah Syam

Comment