Gubernur Sulsel Imbau Masyarakat Shalat Ied di Rumah

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengimbau masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri masing-masing di rumah.

Imbauan ini merupakan langkah pemerintah pusat untuk mencegah penularan Covid-19. Apalagi, diprediksi pasien Covid-19 akan tembus di angka seribu pasca lebaran Idul Fitri.

Imbauan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Menteri Agama, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala BNPB selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan
Covid-19 dan para Gubernur se Indonesia.

“Guna mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, maka dalam rapat koordinasi kemarin disimpulkan, pertama adalah diimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pemutusan rantai penularan Covid-19. Makanya tahun ini kita diimbau untuk tetap merayakan hari raya Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Ini tidak dilarang, tapi diimbau,” jelas Nurdin Abdullah, saat melakukan video presscomperence dengan seluruh kepala daerah se-Sulsel, Selasa (19/5/2020).

Nurdin juga mengatakan, imbauan kepada seluruh daerah ini berdasarkan hasil rapat koordinasi. Untuk itu, diminta kepada seluruh Bupati dan Wali Kota berserta Forkopimda dan Ormas Islam, Kemenag dan seluruh tokoh-tokoh agama secara masif melakukan sosialisasi dan imbauan ini kepada masyarakat.

“Sekiranya ada masyarakat tetap melaksanakan Salat Ied, baik itu di lapangan atau di masjid, terutama daerah yang masih zona hijau atau terjadi perlambatan peningkatan, dimohon Forkopimda dan Satpol PP untuk melakukan pengamanan dengan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Editor : Marwiah Syam

Comment