Menteri Sosial Resmikan Balai Rehabilitasi Napza dan HIV di Takalar

TAKALAR, BERITAPEDOMAN.com – Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, bersama jajaran Kementerian Sosial RI meresmikan Loka Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza dan Orang dengan HIV AIDS (ODHA) Pangurangi di Desa Pattoppakang, Kecamatan Mangngarabombang, Kabupaten Takalar, Rabu (12/2/2020).

Selain meresmikan, Menteri Sosial juga menandatangani prasasti sekaligus meninjau fasilitas loka yang nantinya mampu menampung masing-masing 200 bagi pasien rehabilitasi Napza dan 200 bagi pasien pengidap HIV.

“Balai ini adalah tempat merehabilitasi saudara kita yang memiliki masalah Napza, juga di balai ini kita bermitra dengan kepolisian, khususnya Kepolisian Daerah Sulsel. Mudah-mudahan dengan adanya balai ini dapat membantu masalah ketergantungan anak-anak yang terpengaruh karena lingkungan,” katanya.

Juliari menyebutkan, Loka Rehabilitasi Pangurangi milik Kementerian Sosial RI ini merupakan lembaga inklusi yang diharapkan dapat memberikan pelayanan pasien rujukan dari seluruh wilayah di Indonesia Timur.

Lembaga ini juga merupakan lokasi kelima di Indonesia yang menangani pasien Napza dan ODHA selain Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Medan.

“Lembaga ini diharapkan mampu menambah semangat bagi korban penyalahgunaan Napza,” harapnya.

Fasilitas Loka Rehabilitasi Pangurangi ini sendiri, terdiri dari asrama bagi putra dan putri, fasilitas olahraga berupa kolam renang, fasilitas ibadah, aula, serta fasilitas penunjang kesehatan lainnya.

“Mulai hari ini lembaga ini telah dapat dioperasikan dan menerima pasien yang telah direkomendasikan oleh Polda Sulsel dan BNN untuk memperoleh rehabilitasi selama enam bulan. Kami berharap usai di rehab sudah bisa dikembalikan kepada keluarga,” kata Juliari.

Editor : Marwiah Syam

Comment