Bawa Orasi Ilmiah di Unhas, Ini Pesan Menteri Pertanian

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bertandang ke Universitas Hasanuddin (Unhas) membawakan orasi ilmiah “Politik Pertanian Strategi Mewujudkan Kedaulatan Rakyat”, di Ruang Senat Akademik, Lantai 2, Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Jumat (7/2/2020).

Dalam Orasi Ilmiahnya, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, politik pertanian era digital perlu menggunakan pendekatan baru yang lebih kompleks, yakni pendekatan yang berlapis dan komprehensif, sehingga kebijakan yang diambil bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Apalagi, Indonesia adalah negara besar dengan banyak kekayaan alam yang berkualitas.

Hanya saja sayangnya, sampai saat ini belum dikelola dengan baik, sehingga masih ada beberapa bahan pangan yang terkadang masih perlu diimpor dari negara lain.

“Kita memiliki lokasi yang strategis, tanah kita bagus, namun belum terkelola baik. Karena itu, kita perlu menyiapkan sumber daya manusia untuk mengelola semuanya, sehingga memberikan manfaat bagi rakyat. Begitu pun, negara bisa melakukannya dengan baik jika hadir pemerintah yang peduli rakyat, dan melakukan tugas dan tanggung jawabnya untuk rakyat, dan tentu kita membutuhkan generasi yang memiliki kemampuan adaptif,” katanya.

Syahrul juga menjelaskan bahwa pengelolaan pertanian yang baik akan menghasilkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Karena itu, politik pertanian yang dikelola dengan baik, maka akan menghadirkan ekonomi rakyat yang semakin sejahtera. Apalagi, salah satu industri yang paling menjanjikan adalah industri pertanian,” katanya.

Editor : Marwiah Syam



Comment