PPKM Darurat, Menaker Siapkan Subsidi untuk 8 Juta Buruh

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, berencana menyalurkan bantuan subsidi pada 8 juta buruh di Indonesia yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Adapun bantuan subsidi yang diberikan ini adalah sebagai respon penurunan aktivitas yang berdampak pada ekonomi dan daya beli bagi jutaan pekerja selama masa pandemi Covid-19.

“Nanti subsidi upah ini payung hukumnya akan kami buat dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan, dimana kami mengusulkan bahwa bantuan pemerintah ini merupakan program stimulus yang kami koordinasikan dengan KCPEN, Kementerian Keuangan RI, dan BPJS Ketenagakerjaan,” katanya dalam Konferensi Pers secara daring, seperti dilansir dari beberapa sumber, Kamis (22/7/2021).

Ida Fauziyah juga menuturkan, bantuan subsidi yang diberika kepada pekerja atau buruh tersebut, sebesar Rp500 ribu sebulan.

Adapun secara total anggaran stimulus bantuan subsidi ini dialokasikan sebanyak Rp8 triliun.

“Syarat bagi penerima bantuan ini sendiri, adalah pekerja yang bergaji di bawah Rp3,5 juta dan aktif membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Redaktur : Marwiah Syam

 

Comment