Apple Dikabarkan Lirik Satelit Internet untuk Iphone

BERITAPEDOMAN.com – Apple belakangan dikabarkan melirik teknologi satelit untuk mengirimkan data ke perangkat-perangkatnya.

Dengan begini, aneka gadget seperti iPhone bisa terhubung ke internet lewat satelit tanpa perlu bergantung pada layanan operator seluler.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (27/12/2019), pabrikan asal Cupertino, Amerika Serikat itu disinyalir sudah merekrut tim rahasia untuk keperluan pengembangan satelit.

Jumlahnya belasan orang, termasuk insinyur dengan keahlian desain satelit, dirgantara, dan antena.

Tim tersebut, kabarnya dipimpin oleh Michael Trela dan John Fenwick. Keduanya merupakan sosok yang sudah tidak asing dengan dunia wahana antariksa. Mereka pernah bekerja di Skybox Imaging, perusahaan pencitraan satelit yang dibeli Google pada 2014.

Saat bergabung dengan Google, keduanya banyak berkecimpung di pengembangan satelit dan pesawat ruang angkasa, sebelum akhirnya pindah ke Apple pada 2017.

Proyek ini bisa dibilang masih dalam tahap awal pengembangan, dan berpotensi untuk dibubarkan kapan saja. Namun CEO Apple, Tim Cook, kabarnya sangat tertarik dengan teknologi satelit sehingga bisa saja dijadikan prioritas perusahaan.

Selain mengirimkan sambungan internet secara langsung ke perangkat, satelit bisa juga dipakai untuk keperluan pelacakan lokasi yang lebih akurat, sehingga mengembangkan aplikasi peta yang lebih canggih.

Seperti dihimpun dari Bloomberg, menyebutkan, sebelum Apple, beberapa perusahaan teknologi lain juga telah lebih dulu mengutarakan ide serupa.

Salah satunya, Amazon berencana membangun konstelasi dengan 3.000 satelit di orbit Bumi. Selain itu, Starlink dari perusahaan antariksa SpaceX pun berencana menawarkan layanan internet broadband dari konstelasi satelitnya pada 2020 mendatang.

Comment