Triwulan I-2024, BI Proyeksi Ekonomi Sulsel Tumbuh 5,2 Persen

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Sulsel di triwulan I-2024 tumbuh pada rentang 4,5 persen – 5,2 persen secara year on year (yoy).

Proyeksi ini meningkat, dibandingkan pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan IV-2023 kemarin yang tercatat hanya sebesar 3,79 persen (yoy) atau tumbuh melambat dari trwiulan sebelumnya yang tercatat sebesar 4,05 persen secara year on year (yoy).

Kepala Bank Indonesia Sulsel, Rizki Ernadi Wimanda, mengungkapkan, proyeksi pertumbuhan ini disebabkan adanya peningkatan kinerja sub lapangan usaha perikanan tangkap maupun budidaya yang meningkat.

“Juga adanya kampanye dan Pemilu pada triwulan I-2024 yang dapat memberikan dampak multiplier effect yang mendorong kinerja lapangan usaha perdagangan yang lebih tinggi, serta Bulan Suci Ramadan,” katanya, saat Konferensi Pers, di Goodfields Cafe, Jl Botolempangan, Selasa (6/2/2024).

Adapun faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel pada 2024, kata Rizki, diantaranya adanya peningkatan mobilitas, dan Pemilu serentak, serta kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga mendorong konsumsi masyarakat yang lebih tinggi, juga dukungan kondisi yang membaik dengan meredanya El Nino, serta program akselerasi pertanian yang didukung keberlanjutan program Mandiri Benih yang diperkirakan akan mendorong sektor pertanian disertai adanya penguatan sinergi pemerintah dari sisi fiskal, moneter, maupun perbankan. Juga adanya pengembangan industri hilirisasi mineral pembangunan kawasan industri Takalar dan Bantaeng, kawasan industri galangan kapal, kawasan ekowisata.

“Faktor-faktor tersebut inilah yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel,” katanya.

Comment