Ini Cara Kilat Mengisi Baterai Ponsel

BERITAPEDOMAN.com – Melakukan pengisian daya baterai ponsel di saat dalam keadaan terburu-buru merupakan satu hal yang menjengkelkan. Apalagi ketika kita tidak memiliki powerbank.

Apalagi baterai ponsel memang tidak dapat diisi hingga penuh dalam waktu singkat, meski sudah menggunakan pengisi daya yang menawarkan pengisian cepat.

Dikutip dari berbagai sumber, dan CNN Indonesia, Senin (17/2/2020) disebutkan ada beberapa beberapa cara agar pengisian daya ponsel lebih efektif alias secara kilat, simak berikut ya!

Matikan Ponsel dan Jangan Pakai Ponsel

Pastikan Anda jangan menggunakan ponsel saat pengisian daya. Kalau bisa Anda matikan ponsel untuk memastikan alokasi pengisian daya hanya untuk mengisi baterai. Ketika ponsel dimatikan, pengisian daya tidak terbuang untuk menjaga ponsel agar tetap menyala.

Gunakan Steker Listrik

Pastikan pengguna menyolok pengisi daya di steker listrik, bukan di port USB. Hal itu karena port USB hanya menawarkan daya keluar listrik sebesar 0,5A.

Steker listrik biasanya memberikan daya keluar 1A. Sesungguhnya tidak masalah menggunakan daya listrik yang rendah, perangkat Anda tidak akan rusak. Akan tetapi, pengisian daya ponsel tentu akan memakan waktu lebih lama.

Airplane Mode atau Minimal Matikan Jaringan Seluler

Apabila pengguna ingin tetap menyalakan ponsel, pengguna bisa menggunakan Airplane Mode untuk mematikan sinyal jaringan.

Sinyal jaringan memang merupakan salah satu penguras daya baterai. Apalagi ketika pengguna tinggal di daerah dengan sinyal yang buruk. Semakin buruk sinyal, semakin cepat baterai akan terkuras.

Ya, minimal Anda bisa mematikan sinyal jaringan seluler apabila menunggu telepon penting. Apalagi ketika Anda mematikan jaringan seluler di ponsel pintar, Anda hanya mematikan jaringan internet, bukan jaringan untuk telepon.

Hindari Pengisian Daya Baterai Nirkabel (Wireless)

Pengisian daya baterai secara wireless memang kekinian yang semakin memudahkan Anda. Akan tetapi, pengguna harus menghindari pengisian daya baterai wireless apabila ingin mengisi daya baterai dengan cepat.

Hal itu karena pengisian daya wireless memberikan kecepatan pengisian daya yang sangat rendah. Faktanya, hasil tes menduga kecepatan pengisian daya wireless lebih rendah 50 persen dibandingkan pengisian daya kabel.

Lepas Pelindung Ponsel

Semua ponsel pintar saat ini menggunakan baterai lithium-ion. Ponsel dengan baterai lithium ion ini lebih efisien diisi apabila dalam suhu yang dingin.

Untuk pengisian optimal, suhu baterai harus antara 5 celsius dan 45 celsius. Karena suhu baterai memang ditentukan oleh suhu ruangan, maka dengan melepas pelindung ponsel tentu akan mengurangi panas baterai.

Editor : Marwiah Syam

Comment