Pertamina Apresiasi Nasabah Bank Sampah di Tamalabba

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi memberikan apresiasi kepada para nasabah yang tergabung dalam Bank Sampah di Kelurahan Tamalabba, Kamis (7/11/2019).

Program ini sendiri, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina, khususnya Integrated Terminal Makassar.

Apresiasi ini diberikan sebagai penghargaan kepada masyarakat yang selama ini sudah aktif dalam kegiatan Bank Sampah di Kelurahan Tamalabba.

Selain itu, hal ini juga dimaksudkan sebagai pemicu bagi masyarakat lain agar ikut bergabung menjadi nasabah dan berkontribusi bagi bersihnya lingkungan mereka sendiri.

Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Hatim Ilwan, menjelaskan, apresiasi ini diberikan kepada nasabah dengan jumlah transaksi yang paling banyak selama tiga bulan terakhir.

“Transaksi selama tiga bulan terakhir kami monitor melalui buku catatan yang ada di sekretariat bank sampah dan buku rekening yang sudah dibagikan ke nasabah,” katanya.

Permasalahan sampah ini sendiri, katanya, memang sudah sangat kompleks, khususnya di Kelurahan Tamalabba, Kecamatan Ujung Tanah.

Pemukiman yang terlampau padat membuat timbulan sampah semakin banyak. Tercatat selama 2018 kemarin, terdapat 9.402.671 liter per meter persegi timbulan sampah.

Jumlah ini belum termasuk sampah yang tidak tertangani atau terangkut.

Program bank sampah ini, timbul sebagai salah satu solusi untuk menangani permasalahan timbulan sampah.

Di bank sampah, sampah organik dan anorganik bisa didaur ulang menjadi produk yang kembali mempunyai nilai ekonomis. Dengan sedikit kreatifitas, sampah bisa jadi uang.

Program Bank Sampah di Kelurahan Tamalabba sendiri, sudah dilaksanakan Pertamina mulai 2017 lalu.

“Awalnya hanya ada satu bank sampah di kelurahan ini, yaitu Bank Sampah HOKI. Namun karena kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan semakin meningkat, kini sudah ada empat bank sampah yang berdiri, yaitu Bank Sampah SEJAHTERA, Bank Sampah BAHAGIA, Bank Sampah DEWA KEMBAR dan Bank Sampah HOKI,” katanya.

Salah satu pemenang dari kompetisi bank sampah pada kategori Nasabah Teraktif, Jumiati, mengungkapkan rasa senangnya atas program yang diadakan oleh Pertamina ini.

“Saya selaku nasabah di Bank Sampah HOKI telah merasakan manfaat dan mampu bayar listrik tiap bulan dari hasil tabungan sampah,” ungkapnya.

Sementara, Camat Ujung Tanah, Andi Unru, juga menyampaikan rasa bangganya terhadap capaian bank sampah di Kelurahan Tamalabba dan memberikan apresiasi kepada Pertamina atas program yang telah dijalankan.

“Kelurahan Tamalabba merupakan satu-satunya kelurahan di Kecamatan Ujung Tanah yang memenuhi sembilan indikator pembangunan Kota Makassar. Semoga program bank sampah ini dapat dilaksanakan di tingkat Kecamatan Ujung Tanah dengan melibatkan 20 Bank Sampah Unit,” katanya.

Editor : Marwiah Syam



Comment