Pertamina Minta Pengusaha SPBU Tingkatkan Layanan Berbasis Fintech

PALOPO, BERITAPEDOMAN.com – General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII Sulawesi, Chairul Alfian Adin, meminta kepada pengusaha SPBU di Sulawesi untuk meningkatkan layanan berbasis financial technology (fintech) dalam setiap transaksinya.

Hal itu menjadi salah satu poin penting yang disampaikan Chairul saat membuka Musyawarah Cabang IX, Hiswana DPC III Palopo, di Hotel Agro Wisata Palopo, Jumat (25/10/2019).

Pemanfaatan aplikasi yang menggabungkan antara jasa keuangan dengan teknologi terkini tersebut, menurut Chairul, tak bisa dihindari karena telah mengubah model bisnis saat ini dari konvensional menjadi lebih modern.

“Pertamina pun sejalan dengan perkembangan fintech, di mana telah meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan meluncurkan aplikasi My Pertamina sejak 2017 silam,” katanya.

Chairul juga berharap, perkembangan model bisnis ini pun bisa disadari oleh para pelaku bisnis di lingkungan Pertamina, khususnya para pengusaha SPBU untuk segera menyesuaikan.

“Apalagi platform pembayaran non-tunai saat ini menjadi alat pembayaran yang digemari oleh generasi millenial,” papar Chairul.

Terbukti, kata Chairul, dalam kurun waktu dua tahun, telah banyak merchant yang memfasilitasi pembayaran menggunakan model E-wallet ini.

“SPBU sebagai outlet yang menjual kebutuhan dasar, yaitu BBM Kendaraan juga saat ini harus terus berusaha memberikan layanan terbaik, diantaranya menyesuaikan dengan pengembangan ke arah fintech,” ujarnya.

Bahkan, untuk tetap terus meningkatkan layanan di SPBU, mulai 25 Oktober 2019 hingga 28 Oktober 2019 ini, di SPBU-SPBU yang telah ditentukan di Wilayah Sulawesi, Pertamina MOR VII memberikan promo tambahan.

“Khusus di tanggal tersebut, pembelian Pertamax Series dan Dex Series dengan My Pertamina akan mendapatkan cashback yang terkoneksi ke akun dan saldo LinkAja. Ini berarti pelanggan dapat berhemat sampai dengan Rp1.200 per liter,” ujarnya.

Tercatat 35 SPBU Pertamina di Seluruh Sulawesi telah ditunjuk untuk berpartisipasi dalam promo cashback hemat ini.

Khusus di wilayah Makassar sendiri, terdapat 13 SPBU Pertamina yang mendukung program ini. Di Kota lainnya, seperti Manado ada delapan SPBU, Gorontalo ada tujuh SPBU, Kendari ada empat SPBU.

Sementara, di Sidrap, Mamuju dan Palu masing-masing ada satu SPBU yang siap melayani pelanggan setia Pertamina.

Promo ini dapat digabungkan dengan Promo Cashback Pertamina Reguler, dimana Promo Cashback sebesar 25 persen itu berlaku jika konsumen bertransaksi menggunakan LinkAja dan My Pertamina.

Nantinya, Cashback akan diterima dalam bentuk saldo bonus LinkAja. Untuk melihat daftar SPBU yang berpartisipasi, pelanggan dapat melihat di akun media sosial instagram @pertaminasulawesi.

Tercatat saat ini sudah ada 1.050 SPBU di Seluruh Indonesia yang sudah dilengkapi dengan QR Code.

“Cukup scan barcode melalui aplikasi My Pertamina di smartphone, lalu masukkan nominal pembelian BBM dan saldo di dompet elektronik akan berkurang dengan sendirinya,” katanya.

Editor : Marwiah Syam



Comment