BMKG Sebut Sejumlah Wilayah di Indonesia Sudah Masuk Musim Kemarau

JAKARTA, BERITAPEDOMAN.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Fachri Radjab, mengungkapkan, ada beberapa wilayah yang sudah mulai memasuki periode kemarau seperti di Aceh, Riau, Sumatra Utara bagian Timur.

“Daerah-daerah itu memang terjadi dua kali musim hujan dan saat ini sudah masuk musim kemarau yang kedua,” katanya, seperti dilansir dari CNN dan beberapa sumber, Senin (4/3/2022).

Namun secara transisi musim hujan ke musim kemarau, kata Fachri, akan terjadi sepenuhnya pada Mei 2024. Selama proses transisi itu, akan terjadi hujan dengan curah rendah di beberapa wilayah, misalnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Periode transisi ini patut diperhatikan, khususnya untuk sektor pertanian. Apalagi puncak musim kemarau tahun ini diprediksi terjadi pada Juli hingga Agustus.

“Daerah-daerah yang perlu menjadi kewaspadaan kita, adalah Jawa Tengah bagian Timur, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT yang diprediksi curah hujannya sudah dalam kategori rendah di bulan Mei. Ini kaitannya dengan penanaman tanaman pangan,” katanya.

Comment