Pastikan Pangan Aman Jelang Ramadhan, Kanwil VI KPPU Makassar Bersama Pemprov, Polda Sulsel Gelar Sidak ke Pasar Tradisional

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Dalam upaya memastikan harga sembako tetap aman jelang Ramadhan, Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar tradisional Terong, Senin (12/4/2021).

Dalam sidak tersebut, secara langsung dihadiri Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana bersama Plt. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman dan Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, beserta stakeholder terkait.

Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana, mengatakan, ketersediaan barang, utamanya kebutuhan pokok menjelang memasuki Ramadhan 1442 Hijriah ini terpantau aman. Meskipun masih ada komoditas yang harganya masih tinggi seperti cabai.

“Karenanya, KPPU terus fokus pada kelancaran arus barang apakah pasar terus berfungsi baik. Begitu pun, harga komoditi yang merupakan parameter ketersediaan, jadi kalau harganya naik tentunya kita lihat apakah dari penawaran atau permintaan yang meningkat,” kata Hilman.

Secara umum, kata Hilman, sembako terpantau relatif stabil hingga H-1 jelang Ramadhan. Hanya saja untuk komoditas telur ayam ras juga sedikit mengalami kenaikan, dimana saat ini harganya naik menjadi Rp43.000/rak.

“Sedang komoditas lainnya, seperti cabai rawit justru mulai turun di harga Rp76.000/kg dari sebelumnya sempat menyentuh harga Rp90.000/kg,” katanya.

Sementara, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan, sidak ini untuk memastikan harga dan pasokan sembako tetap stabil.

“Sebelum masuk Ramadhan ini, kita mengecek data umum dan Alhamdulillah pasokan pangan masih aman. Begitu pun, setelah kita cek, cabai sudah turun, dari yang sebelumnya harga Rp90-100 ribuan, sekarang sudah Rp76.000/kg. Begitu pun harga beras juga tetap stabil. Sedang harga minyak ada kenaikan seribu dan itu masih wajar. Daging pun dengan harga Rp120.000 masih normal. Harga ayam dan bawang juga normal. Yang naik ini harga telur, dari Rp38.000 menjadi Rp43.000, naik Rp5.000,” jelasnya.

Redaktur : Marwiah Syam

Comment