Ini Tips Belajar Mobil Manual di Tanjakan Bagi Pemula

BERITAPEDOMAN.com – Tanjakan bisa jadi hal menakutkan bagi pemula yang baru belajar mobil manual. Sebab, salah-salah mobil bisa mundur.

Seperti dilansir dari Kumparan, Rabu (14/10/2020), untuk mengatasi hal ini, Praktisi Defensive Driving, Andry Berlianto, mengatakan, harus banyak melatih feeling saat melepas kopling dan pada saat yang sama juga menambah tekanan gas.

“Jangan sampai terlalu cepat melepas koplingnya, malah mesin kemungkinan bisa mati,” katanya.

Adapun untuk melibas tanjakan dengan mobil manual bagi awam, langkah-langkahnya adalah dari posisi diam, aktifkan rem tangan. Ini sebagai antisipasi mobil mundur akibat kehilangan momentum berjalan.

“Mempertimbangkan safety bisa dengan mengandalkan rem tangan dulu buat jaga-jaga sambil melancarkan perpindahan kaki (gas dan kopling). Kemudian injak pedal kopling sampai mentok, baru masukkan gigi 1. Tahan kaki kiri untuk tetap menginjak kopling,” katanya.

Setelahnya, kata Andry, injak gas perlahan sampai 2.000 hingga 2.500 rpm. Cara mengetahuinya bisa lihat jarum takometer, sambil dengarkan raungan mesin.  Kemudian, lepas pedal kopling perlahan, pertahankan jangan sampai mesin mati. Caranya bisa sambil tambah tekanan gas. Lalu pada saat bersamaan, rilis rem tangan dan biarkan mobil melaju menanjak dikit demi sedikit. Jangan lupa, jaga momentum untuk tetap bisa menanjak.

“Jika terjadi stalled atau mesin mati, rem tangan masih bisa menyelamatkan mobil dari pergerakan mundur,” kata Andry.

Saat napas gigi satu telah habis, lanjut Andry, bisa ganti ke gigi dua supaya lebih mendapatkan tenaga akselerasi. Ini berlaku apabila sudah mahir mengganti persneling mobil manual.
Caranya dengan menginjak gas sedikit lebih dalam lagi, baru terapkan langkah perpindahan gigi. Dengan menambah gas tadi, merupakan metode agar akselerasi tetap terjaga saat momentum perpindahan gigi.

“Jika terpantau akan ada posisi berhenti maka stand by tangan kiri di rem tangan, karena dalam proses itu, ketika kopling diinjak, maka distribusi tenaga mobil manual dari mesin ke penggerak diputus sehingga harus ditambahkan dulu tenaganya,” katanya.

 

Comment