Eks Terminal Toddopuli Akan Direvitalisasi Menjadi Ruang Terbuka Hijau

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapkan upaya revitalisasi bekas terminal Toddopuli menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang representatif di Kota Makassar.

Pj Wali Kota Makassar, Yusran Yusuf, mengatakan, hal itu dilakukan karena lokasi tersebut cukup strategis dijadikan sebagai salah satu sarana multi fungsi bagi masyarakat yang membutuhkan ruang relaksasi dan berolahraga.

“Ruang terbuka hijau di kota Makassar terbilang langka, padahal itu sangat penting bagi warga untuk melakukan relaksasi melepas kejenuhan dari rutinitas. Makanya kita sedang menyiapkan tempat ini sebagai RTH baru di Makassar sehingga warga yang tinggal disekitar tempat ini tidak harus ke karebosi untuk berolahraga,” ujar Yusran saat melakukan peninjauan di bekas Terminal Toddopuli, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Yusran, pemanfaatan lokasi tersebut jika ditata dengan baik dapat digunakan sebagai salah satu sarana bagi masyarakat untuk berolah raga seperti jogging track, sekaligus dapat menjadi solusi mencegah banjir, ataupun menjadi sarana aktifitas bagi para seniman.

“Kita akan undang perumnas, sehingga dalam penataannya nanti tidak hanya mengandalkan APBD, tetapi juga dapat melalui CSR dari berbagai perusahaan, termasuk JiCA. Sebagai langkah awal, kita akan buat designnya terlebih dahulu,” katanya.

Sekedar diketahui, sejak lama, eks terminal Toddopuli yang berada di Kecamatan Panakukang tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal sehingga kondisinya tidak terawat hingga saat ini.

Editor : Marwiah Syam

Comment