Ini Upaya BI Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran Ditengah Covid-19

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel terus melakukan upaya pengendalian inflasi, khususnya saat ini menjelang lebaran ditengah pandemi Covid-19.

Direktur Bank Indonesia Provinsi Sulsel, Endang Kurnia Saputra, mengatakan, melihat tren historis tiap bulan Ramadan dan Idul Fitri, ditambah saat ini pandemi Covid-19, BI akan mengambil berbagai upaya, diantaranya memastikan ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi yang efektif.

“Salah satu upaya itu, yakni menjaga pasokan, karena itu penting, apalagi komoditas seperti bawang putih, gula pasir, telur ayam ras dan cabai rawit sangat rentan dan merupakan kebutuhan pokok yang harus ada, apalagi saat ini jelang lebaran,” katanya saat BI Bareng Media melalui WhatsApp, Selasa (19/5/2020).

Selain menjaga pasokan, kata Endang, juga memperkuat mekanisme distribusi dengan cara membentuk penguatan pemanfaatan teknologi dan informasi, serta membentuk badan atau lembaga yang berfungsi sebagai price maker atau market aggregator.

Upaya lainnya, yakni memanfaatkan laporan perkembangan harga tiap Kabupaten/Kota pada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) teknis, dan memberikan subsidi biaya kirim untuk platform digital dengan sasaran kelompok renta yang terdampak.

“Juga menjaga ekspektasi masyarakat melalui kampanye atau imbauan belanja bijak, serta menyediakan informasi mengenai upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan,” katanya.

Editor : Marwiah Syam

Comment