Pemkot Makassar Akan Gelar Penyemprotan Disinfektan Secara Massal, Ini Waktunya

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menggelar penyemprotan disinfektan secara massal dan serentak di seluruh wilayah Kota Makassar pada Sabtu (4/4/2020) besok pagi.

Rencana aksi kolosal ini disampaikan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb kepada wartawan usai memimpin rapat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar, di Posko Induk Info Covid-19 Kota Makassar, Kamis (2/3/2020).

“Salah satu langkah taktis yang akan kita lakukan, yakni bersama-sama seluruh elemen masyarakat untuk turun di seluruh wilayah di Kota Makassar melakukan penyemprotan secara massal di waktu bersamaan. Ini adalah gerakan solidaritas untuk memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini. Seluruh kebutuhan juga sudah kita persiapkan, baik itu alat semprot, disinfektan, termasuk relawan yang akan melakukan penyemprotan di lapangan,” katanya.

Dikatakan Iqbal, aksi ini akan melibatkan seluruh pihak, baik yang ada di gugus tugas, maupun seluruh elemen masyarakat yang juga telah aktif bergerak selama ini.

Ini kesempatan bagi yang ingin bergerak bersama dan menjadi bagian dari gerakan ini dan imbauan untuk tetap di rumah dan menjaga jarak sosial tetap menjadi strategi inti.

Bahkan beberapa hari ini, tim Damkar bersama sejumlah elemen lain juga telah sangat aktif melakukan penyisiran di ruang-ruang publik, perkantoran, jalan-jalan utama untuk melakukan penyemprotan disinfektan, dan ini masih terus dimasifkan.

“Agenda Sabtu lusa ini, yakni kita akan menyisir pemukiman-pemukiman warga, lorong-lorong, sekolah-sekolah, Posyandu serta fasilitas lain yang ada di kawasan pemukiman penduduk,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Muhammad Rusli, mengatakan, persiapan telah dilakukan sampai menjelang pelaksanaan aksi Sabtu lusa.

“Kita telah menyiapkan 1.000 alat penyemprot, 20.000 liter disinfektan, termasuk relawan yang akan turun melakukan penyemprotan. Untuk aksi solidaritas bersama di Sabtu Pagi ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, siapapun itu, untuk turun bersama, dan menyebar di seluruh kelurahan. Insya Allah mudah-mudahan dengan ini bisa mengerem dan memotong pergerakan virus ini,” katanya.

Editor : Marwiah Syam

Comment