Pemkot Makassar Bersinergi ADB Tuntaskan Kawasan Kumuh

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bekerjasama Asian Development Bank (ADB) berkomitmen untuk memberantas kawasan kumuh di kota Makassar.

Salah satunya, melalui program Neighborhood Upgrading and Sector Project Phase (NUSP) ADB membantu pemerintah kota Makassar menuntaskan kemiskinan masyarakat dengan memberikan bantuan hibah untuk memperbaiki infrastruktur kota.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, mengungkapkan, kehadiran ADB di Makassar ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Apalagi, saat ini Makassar memiliki 523 hektar kawasan kumuh.

“Mudah-mudahan dengan masuknya ADB di Makassar bisa menuntaskan persoalan ini,” katanya.

Sekedar diketahui, saat ini laju perbaikan kawasan kumuh hingga 2019 kemarin sudah terealisasi 60 persen dari luas kawasan 740,10 HA pada 2014 silam.

Oleh karena itulah, kata Iqbal, program ini sangat membantu warga dan pemerintah.

“Progress ini cukup signifikan dan sangat dirasakan manfaatnya oleh pemerintah dan juga warga Makassar. Dukungan pembiayaan ADB melalui kementrian PUPR ini juga menjadi stimulan yang akan di aplikasikan oleh Pemkot melalui berbagai dana pembiayaan, salah satunya APBD,” katanya.

Sementara itu, Presiden ADB, Masatsugu Asakawa, berharap program ini bisa terus berkelanjutan agar masyarakat dapat hidup layak dan belajar bersih.

“Semoga masyarakat di kawasan kumuh ini bisa hidup bersih dan selalu menjaga lingkungan agar tidak kumuh lagi,” katanya.

Editor : Marwiah Syam

Comment