Makanan Probiotik Ini Dapat Hilangkan Lemak Perut

BERITAPEDOMAN.com – Memiliki lemak di perut memang mengganggu penampilan. Tapi eits jangan khawatir, lemak membandel ini bisa kamu hilangkan kok dengan makanan atau minuman berprobiotik.

Pada dasarnya, probiotik merupakan mikroorganisme atau bakteri baik yang hidup di usus kita sehingga melancarkan sistem pencernaan.

Dengan lancarnya sistem pencernaan, maka terbantu pula proses peluruhan lemak di perut.

Sebuah penelitian The British Journal of Nutrition pada 2013 yang melibatkan 210 orang dengan kelebihan lemak di perut menunjukkan, adanya penurunan jumlah lemak sebesar 8,5 persen. Ini karena para responden mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik selama 12 minggu.

Penelitian lain juga memperkuat temuan ini dengan menemukan, bahwa keluarga probiotik Lactobacilluslah yang berperan paling penting dalam proses penurunan berat badan dan menumpuknya lemak di perut tersebut.

Lantas, makanan dan minuman apa saja yang mengandung probiotik Lactobacillus? Simak berikut seperti dilansir dari Kumparan, Kamis (13/2/2020).

Yoghurt

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods 2013 lalu, mengungkapkan, mengonsumsi yoghurt yang mengandung Lactobacillus fermentum atau Lactobacillus amylovorus selama enam minggu, ampuh mengurangi jumlah lemak di tubuh sebesar tiga sampai empat persen.

Selain itu, menurut beberapa penelitian yang diterbitkan PubMed, menyatakan, mengonsumsi yoghurt juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang, serta menurunkan tekanan darah.

Kefir

Minuman berfermentasi yang kaya probiotik selanjutnya, adalah kefir. Kefir merupakan minuman segar yang biasanya terbuat dari susu sapi atau kambing.

Berdasarkan temuan Brazilian Journal of Microbiology, kefir merupakan sumber probiotik yang lebih baik dibandingkan yoghurt. Hal ini karena kefir mengandung lebih banyak jenis bakteri baik dan ragi.

Tak hanya itu, kefir juga baik jadi pilian minuman probiotik bagi mereka yang toleran terhadap laktosa.

Kimchi

Makanan khas Korea ‘Kimchi’ kini juga bisa jadi menu diet favorit. Sebab, menurut beberapa penelitian dalam jurnal yang dipublikasikan PubMed, menemukan adanya bakteri asam laktat Lactobacillus dalam makanan asam tersebut.

Bakteri tersebut bermanfaat untuk kesehatan pencernaan sehingga membantu mengontrol berat badan dan lemak di perut.

Ini juga dikarenakan kimchi terbuat dari campuran bumbu, seperti bawang putih, cabai merah, dan jahe yang juga baik untuk kesehatan perut.

Tempe

Makanan satu ini sangat lekat dengan kebiasaan makan orang Indonesia. Dimasak jadi sajian apa pun, akan tetap enak. Ternyata, tempe juga bisa jadi salah satu rekomendasi makanan sehat untuk meluruhkan lemak di perut, lho.

Berdasarkan penelitian, proses fermentasi ketika pembuatan tempe dapat menurunkan kadar asam fitat, senyawa tanaman yang kerap mengganggu penyerapan zat besi dan seng.

Dengan menurunnya asam fitat, maka mineral dapat meningkat, sehingga mampu diserap secara maksimal dalam tubuh. Proses fermentasi ini juga memunculkan probiotik yang bagus untuk para vegetarian maupun vegan.

Acar mentimun

Kita banyak menemukan acar mentimun sebagai pendamping dalam masakan khas Indonesia. Mengutip Healthline, proses fermentasi acar menghasilkan bakteri Lactobacillus yang bermanfaat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, vitamin K yang terkandung dalam acar mentimun juga menjadi nutrisi penting untuk pembekuan darah.

Sebagai catatan, sebaiknya buat acar mentimun dengan cuka yang lebih sehat, seperti cuka apel atau kamu juga bisa menggantinya dengan jeruk nipis.

Comment