BPS Catat Ekonomi Sulsel Alami Kontraksi pada Triwulan IV-2019, Ini Sebabnya

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat ekonomi Sulsel pada triwulan IV-2019 mengalami kontraksi sebesar -5,42 persen bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-to-q).

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah, mengungkapkan, ekonomi Sulsel mengalami kontraksi disebabkan dari beberapa hal.

Di antaranya, dari sisi produksi, dimana disebabkan oleh efek musiman pada lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan yang mengalami kontraksi sebesar -27,54 persen.

Sementara, dari sisi pengeluaran disebabkan oleh komponen ekspor yang mengalami kontraksi pada level 3,83 persen. Sedangkan impor meningkat tajam hingga 113,43 persen.

“Faktor-faktor inilah yang memberikan kontribusi pada kontraksi pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan terakhir 2019,” katanya di kantornya, Jl Haji Bau, beberapa waktu lalu.

Namun, di luar itu, kata Yos, perekonomian Sulsel tetap berhasil tumbuh positif, walaupun hanya di level 6,92 persen, dimana pertumbuhan ini dikontribusi tertinggi dari lapangan usaha, yakni lapangan usaha informasi dan komunikasi dengan sumbangsih sebesar 10,99 persen. Diikuti oleh jasa perusahaan sebesar 10,53 persen.

“Walaupun pada triwulan terakhir ekonomi Sulsel mengalami kontraksi tapi tetap tumbuh positif,” katanya.

Penulis/Editor : Marwiah Syam

Comment