Berkat SWRO, Warga Barang Caddi Kini Bisa Nikmati Arsinum

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – Warga Pulau Barang Caddi, kecamatan Sangkarrang kini merasa lega karena sudah dapat menikmati teknolgi Air Siap Minum (Arsinum) untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini berkat dibangunnya teknologi Sea Water Reserve Osmosis (SWRO) atau penerapan teknologi air siap minum (Arsinum) di pulau Barang Caddi yang diresmikan secara langsung Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, didampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, di pulau Barang Caddi, kecamatan Sangkarrang, Senin (23/12/2019).

Sekedar diketahui, SWRO tersebut, mampu mengolah dan menghasilkan air baku siap minum tanpa dimasak dengan memanfaatkan teknologi sea water reverse osmosis, dimana hal ini merupakan bentuk kerjasama Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, sangat mengapresiasi hadirnya teknologi tersebut. Pasalnya, membantu warga pulau untuk mendapatkan air.

“Terima kasih pak Gubernur dan pak Deputi BPPT atas bantuan hibah teknologi SWRO kepada warga pulau Barang Caddi. Mudah – mudahan teknologi ini bisa digunakan sebaik mungkin dan dapat dijaga dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Selain pulau Barang Caddi yang dapat menikmati Arsinum ini, kata Iqbal, juga dapat dimanfaatkan oleh warga yang menetap di kecamatan Kepulauan Sangkarrang untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Data terakhir dicatatkan sebanyak 7,6 persen warga masyarakat telah mendapatkan air bersih, namun dengan adanya pengolahan air laut dengan sistem teknologi SWRO yang dapat langsung diminum ini, dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan akan air bersih lagi bagi warga pulau dan di sekitarnya,” jelasnya.

Sebagai informasi, teknologi Arsinum BPPT ini dapat menghasilkan air siap minum sebesar 5.000 liter per hari, atau setara untuk mencukupi kebutuhan air minum sebanyak 2.500 orang atau sehari dua liter per orang.

Arsinum ini sendiri, menggunakan teknologi mutakhir sistem penyaringan dengan membrane reverse osmosis (RO) dilengkapi sterilisasi ultraviolet.

Deputi Kepala Bidang Teknologi SDA BPPT, Yudi Anantasena, mengatakan, teknologi Arsinum ini mampu memenuhi seluruh kebutuhan air bersih masyarakat pulau Barang Caddi beserta pulau-pulau di sekitarnya.

“Saat ini, warga Sulsel bisa menikmati dua fasilitas Arsinum dari BPPT,” katanya.

Editor : Marwiah Syam

Comment