Laksanakan Kebijakan Pemerintah, PLN Sulselrabar Perpanjang Stimulus Listrik

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) siap melaksanakan Kebijakan Pemerintah terkait perpanjangan pemberian stimulus listrik bagi masyarakat kecil dan pelaku usaha seperti industri dan bisnis, serta sosial, sebanyak 1.432.344  pelanggan hingga April – Juni 2021.

Adapun stimulus yang diberikan ini merupakan bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid, mengatakan, stimulus ini merupakan keputusan pemerintah. Untuk itulah, PLN siap melaksanakan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak Covid-19 sebanyak 1,4 juta pelanggan di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

“Kami berharap dengan perpanjangan stimulus listrik ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” katanya, saat Media Briefing bersama pewarta Makassar, di Aula Lt 1, Kantor PLN UIW Sulselrabar, Jl Letjend Hertasning, Jumat (26/3/2021).

Sekedar diketahui, berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April – Juni 2021 ini, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yakni diantaranya sebanyak 604.517 pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA nantinya akan diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Yang lainnya, nantinya sebanyak 627.491 pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Serta stimulus pembebasan biaya beban atau abonemen sebanyak 58.995 pelanggan dan sebanyak 141.341 pelanggan akan mendapatkan pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Tak hanya itu, nantinya pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” kata Awaluddin.

Awaluddin juga menyampaikan bahwa karena adanya perubahan besaran stimulus bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pasca bayar, maka diskon langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik.

“Untuk itu, kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 ini harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen,” ucapnya.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, lanjut Awaluddin, pemberian stimulus ini juga akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

“Potongan sebesar 50 persen ini juga hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum,” katanya.

Redaktur : Marwiah Syam

Comment