Jelang Tahun Baru, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar memastikan kesiapan pasokan listrik jelang pergantian tahun dalam kondisi aman.

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid, mengatakan, sistem kelistrikan di Wilayah Sulselrabar saat ini dalam kondisi yang sangat kondusif, karena daya mampu yang dimiliki PLN saat ini sebesar 2.267 MW, sedangkan kebutuhan listrik masyarakat rata-rata saat beban puncak hanya sebesar 1.188 MW.

“Dengan surplus daya sebesar 669 MW, kami optimistis dapat melayani kebutuhan listrik masyarakat dengan baik di malam pergantian tahun, serta terus berupaya meningkatkan mutu layanan dari waktu ke waktu,” kata Awaluddin melalui siaran persnya, Kamis (31/12/2020).

Selain sistem kelistrikan aman, kata Awaluddin, PLN UIW Sulselrabar juga telah menyiapkan 308 posko beserta 2.555 personelnya di seluruh unit Sulselrabar, termasuk Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) untuk jaringan distribusi 20 kV yang terdiri dari 2 Tim Sentuh Langsung dan 5 Tim Metode Berjarak untuk mempercepat penanganan gangguan.

Tidak hanya itu, PLN UIW Sulselrabar juga menyiagakan 58 Unit Gardu Bergerak (UGB), 33 Uninterruptible Power Supply (UPS), 15 Unit Crane, 250 Unit mobil pelayanan, 129 Unit Motor pelayanan dan 139 unit genset sebagai back up apabila terjadi gangguan.

“Kami juga telah melakukan upaya pemeliharaan terpadu yang telah dilakukan yakni pemeliharaan jaringan distribusi 20 kV sebanyak 15.750,4 kms serta 2.535 Gardu Distribusi guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke pelanggan,” katanya.

Untuk mempercepat pengaduan pelanggan, lanjut Awaluddin, PLN UIW Sulselrabar juga telah menghadirkan Command Center PLN guna menindaklanjuti penanganan gangguan atau keluhan pelanggan khususnya di Kota Makassar, dimana telah diresmikan pada 26 Oktober 2020 lalu.

“Kami yakin dengan kesiapan sistem kelistrikan dan kesiagaan inilah, PLN sangat siap mengamankan kelistrikan menjelang pergantian Tahun Baru 2021,” katanya.

Redaktur : Marwiah Syam

Comment