Rusia Klaim Siap Luncurkan Vaksin Covid-19 Agustus Ini

BERITAPEDOMAN.com – Rusia mengklaim menyiapkan peluncuran vaksin Covid-19 pada Agustus 2020 ini.

Melansir dari India Times dan Suara.com, Sabtu (1/8/2020), peluncuran vaksin virus corona ini adalah pertama di dunia untuk penggunaan umum dalam waktu dua minggu kedepan. Hanya saja, vaksin tersebut, belum terbukti keamanannya.

Sekedar diketahui, vaksin yang akan diluncurkan tersebut berbasis vektor adenoviral yang saat ini dalam uji coba fase 2. Vaksin ini sendiri, sedang dikembangkan oleh peneliti militer dan pemerintah Rusia.

Para pejabat Rusia juga berharap segera mendapatkan persetujuan untuk vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute di Moskow pada 10 Agustus atau bahkan sebelumnya dan vaksin ini juga akan tersedia untuk penggunaan umum dan petugas kesehatan.

Meski begitu, Rusia belum merilis data ilmiah tentang vaksin ini sehingga menimbulkan banyak pertanyaan tentang keamanan dan kemanjuran vaksin. Tak hanya itu, vaksin yang akan diluncurkan ini, baru akan meluncurkan hasil uji coba fase III pada 3 Agustus 2020 lusa yang membuat pejabat kesehatan merasa khawatir tentang keamanan vaksin ini karena data pengujian manusia belum lengkap.

Editor : Marwiah Syam

Comment