Sambut Revolusi Industri 4.0, Pertamina Goes to Kampus

MAKASSAR, Beritapedoman.com – PT. Pertamina MOR VII Sulawesi bekerjasama Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (DAPK Unhas) menggelar kegiatan Goes to Kampus sambut era revolusi industri 4.0 lewat program sharing session karir dan rekrutmen oleh Human Capital Pertamina.

Kegiatan ini sendiri, ditujukan agar mahasiswa dan mahasiswi di Sulsel dapat menghadapi dinamika yang terjadi saat ini dan menyiapkan diri untuk itu.

Apalagi, dikutip dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri, pada November 2018 lalu yang menyatakan, International Labour Organization (ILO) memprediksi sekitar 56 persen masyarakat di seluruh dunia akan kehilangan beberapa jenis pekerjaan karena teknologi.

Hal ini tidak terlepas dari tantangan baru di era revolusi industri 4.0, yang mempunyai ciri otomasi dan ekonomi digital, era disrupsi teknologi, berbasis Cyber Physical System dan robot artificial Intelegency (AI).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin, Arsunan Arsin, menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat menjembatani sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki resource, sumber daya professional.

Selain itu, civitas akademika juga harus paham peran strategis BUMN tentang kondisi perekonomian nasional.

“Karena itu, perguruan tinggi harus sudah siap dihadapkan pada situasi yang selalu mengikuti perkembangan trend revolusi 4.0 dan menyesuaikan dengan tantangan dunia saat ini. Untuk itu, peran sebuah perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang mampu memiliki daya saing tinggi,” katanya disela-sela kegiatan di Auditorium Prof. Amiruddin Universitas Hasanuddin, Jl Perintis Kemerdekaan, Rabu (20/3/2019).

Pjs. General Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Isfahani, mengungkapkan antusiasme mahasiswa-mahasiswi yang ikut dalam program ini sangat tinggi. tercatat sebanyak 1.500 pendaftar dari berbagai Universitas di Sulawesi Selatan. Ini jauh melampaui target, dimana animo peserta diprediksi hanya sekitar seribuan peserta.

“Ini luar biasa sekali, dan mereka sangat antusias atas kegiatan ini. Kita berharap melalui kegiatan ini, para peserta dari berbagai kampus ini mendapatkan pemahaman terkait Pertamina secara komprehensif, dan bangga menggunakan BBM dan LPG Non Subsidi, dan menginspirasi Mahasiswa-mahasiswi lainnya untuk menjadi calon-calon ecopreneur dan sociopreneur di usia muda yang siap menyambut era revolusi industri 4.0,” katanya.

Editor : Marwiah Syam

Comment