BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di 26 Wilayah Indonesia Saat Momen Pemilu

JAKARTA, BERITAPEDOMAN.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi melanda 26 wilayah di Indonesia periode 9 hingga 14 Februari 2024 mendatang yang bertepatan dengan momen Pemilihan Umum (Pemilu).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengungkapkan, cuaca ekstrem ini diakibatkan sejumlah fenomena kondisi dinamika atmosfer.

Berdasarkan dari analisis data iklim BMKG, dicatatkan sekitar lebih dari 55 persen wilayah zona musim Indonesia diprediksikan memasuki puncak musim hujan pada periode bulan Januari – Februari 2024.

“Kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan masih dapat memicu potensi cuaca signifikan di beberapa wilayah, yaitu adanya aktivitas Monsun Asia yang masih memicu potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian tengah dan selatan,” ungkap Guswanto, seperti dilansir dari keterangan resminya di BMKG, Jumat (9/2/2024).

Guswanto, juga mengungkapkan, cuaca ekstrem ini juga disebabkan aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah dan timur, sehingga turut memicu peningkatan potensi awan hujan yang kemudian membentuk pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian tengah dan selatan termasuk Sumatra, Jawa, dan Kalimantan sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

Comment