Dukung Program Langit Biru Pertamina, Wali Kota Makassar Wajibkan ASN Gunakan BBM Ramah Lingkungan

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com  – Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu, program Program Langit Biru Pertamina mendapatkan respon positif di masyarakat dengan adanya perubahan proporsi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan di Kota Makassar.

Tercatat dari mulai program berjalan sejak 21 Maret hingga saat ini, proporsi konsumsi BBM Ramah Lingkungan dengan Oktan 90 ke atas seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo mencapai 86 persen dibanding konsumsi BBM Oktan 88 atau Premium yang proporsinya hanya 14 persen.

Melihat perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menyampaikan apresiasi dan siap mendukung penuh Pertamina untuk Program Langit Biru dengan mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan BBM ramah lingkungan.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau yang biasa disapa Danny, mengatakan, program Langit Biru Pertamina ini merupakan program untuk berubah atau changes ke kebiasaan baru (new normal).

“Program ini juga berkontribusi untuk lingkungan dengan mengurangi emisi gas karbon, biaya maintenance dan keawetan mesin pun jadi lebih baik,” ujarnya kediaman Wali Kota Makassar, Jl Pasar Ikan, Rabu (21/7/2021).

Dalam mendukung penerapan gaya hidup ramah lingkungan, Danny juga meminta seluruh jajaran pemerintahan untuk menggunakan BBM Ramah Lingkungan.

“Kedepannya, melalui Surat Edaran, saya akan meminta seluruh kendaraan dinas dan ASN serta keluarganya diwajibkan menggunakan BBM Ramah Lingkungan demi menjaga langit Makassar. Saya juga memberikan apresiasi kepada Pertamina yang terus memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat akan pentingnya BBM Ramah Lingkungan dalam upaya menjaga lingkungan dan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Plt. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulsel, Ambo Masse, menyampaikan, konsumen sangat penting diberikan edukasi literasi akan pentingnya penggunaan BBM Ramah Lingkungan yang berkaitan dengan dampak pada lingkungan, kesehatan dan kualitas mesin kendaraan.

“Makassar sebelumnya sudah jauh ketinggalan untuk penggunaan BBM Ramah Lingkungan dibandingkan kota-kota besar di Indonesia. Adanya peningkatan penggunaan BBM Ramah Lingkungan ini sudah baik dan harus terus digaungkan dan diedukasi kepada masyarakat,” katanya.

Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, mengucapkan terimakasih dan mengapreasiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar atas dukungan yang telah diberikan, sehingga program edukasi Langit Biru ini dapat berjalan dengan baik.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Makassar atas dukungannya pada Program Langit Biru,” katanya.

Redaktur : Marwiah Syam

Comment