DJPb Minta Gubernur Sulsel Dorong Realisasi Penyaluran Dana Desa

MAKASSAR, BERITAPEDOMAN.com –  Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulsel meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mendorong percepatan penyaluran Dana Desa pada 2021.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Sulsel, Syaiful, mengatakan, dalam tata kelola anggaran dibutuhkan support dan dukungan dari Gubernur sebagai pimpinan di Sulawesi Selatan. Baik itu, terkait dengan tata kelola untuk transfer ke daerah dan Dana Desa.

Untuk itu, Ia meminta Gubernur Sulsel mendorong penyaluran Dana Desa, dimana penyaluran Dana Desa pada 2021 ini hanya mendekati di angka 9 persen pada Februari ini.

“Itu terhambat karena dari penetapan APBD-APBDS yang terlambat dari masing-masing Pemerintah Daerah, sehingga kami meminta Gubernur Sulsel mendorong percepatan itu dan berharap akhir triwulan I pada April nanti ini bisa pada posisi 25-30 persen,” katanya saat silaturahmi di Kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumohardjo, Senin (22/1/2021).

Terkait dana transfer ke daerah di Sulsel, Syaiful menilai posisinya bagus, cukup besar dan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Alokasi dana ke transfer daerah, khususnya Dana Fisik dan Dana Desa tahun ini kurang lebih Rp30,1 triliun di Sulsel,” katanya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, optimis target untuk penyaluran Dana Desa pada triwulan I pada April nanti sebesar 25-30 persen dapat tercapai, jika kendala pada pengesahan APBD Desa yang tidak terhambat.

“Kuncinya penegasan ke Bupati. Jadi kalau Bupati memiliki konsentrasi, saya kira tidak sulit untuk pengesahan APBD. Apalagi sudah jelas programnya. Insyaallah bisa menembus angka ini. Dan jangan lupa ini masa pandemi,” katanya.

Redaktur : Marwiah Syam

Comment